"Melestarikan Adat Lamo
Pusako Usang Bangkitkan Batang Terandam"
Ada tradisi Seremonial “Mandi
Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup
Seiring balam dengan merbah balam
lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba
ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo
melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu
lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi
banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo
kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum
banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang
agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu
belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan
Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup
itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung
Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo
bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu
Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2).
Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat
mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung
batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang
Rajo Simpan Bumi 3 anak :
1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun
ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3)
Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi
Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan
benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian”
Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah
Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang
tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di
Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku
Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan
rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap
membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat
dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan
cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah
dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak
punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan
titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako
jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang
baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam
tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu
nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan
kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan
titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano
yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah
undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo
memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di
Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro
memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati
lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada
anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan
karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan
dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah
pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4
jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek
Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna (
Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar
Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan
Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan
Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang
Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah
(Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3.
Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang
undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu
Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di
Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair,
ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo
Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge
balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti
yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan
lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu
pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh
tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh
terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo
ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang
liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi
Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong
dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah
pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi
bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah,
disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo
kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh
semurup.
Depati Mudo duo dukung empat
anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang
Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge
balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh
Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto
Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri
pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup
lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta
kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam
Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung
baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito
basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk
kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di
pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico
pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro
Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie
Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat
Laut.(****).
SERAMBI Fokus
“ Kejujuran kreatifitas inovatif”
Dari sebuah ketenangan bersahaja
usaha yang pantang menyerah laki-laki memiliki nama Andodias Rapuan SPdI,Mgk
akrab dipanggil ‘dodi’ merupakan alumni STAIN Kerinci domisili di Semurup, pada
masa jenjang perkuliahan lelaki yang pada waktu di bangku perkuliahan semasa di
jenjang D2 dan S1 melalui jenjang pendidikan pada jurusannya meraih predikat
Mahasiswa terbaik dengan yudisium Cum Laude, tidak juga sampai di situ pada
organisasi kampus pernah menjadi Ketua Himaprodi (Himpunan Mahasiswa Program
Studi ) Jurusan Kependidikan Islam KI, Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus STAIN
Kerinci, Wakil ketua Komisi Pemilihan Mahasiswa. Sosok yang bersahaja terpancar
dari roman yang ikhlas.
Menurut lelaki yang kesehariannya
suka dunia tulis menulis, dengan menulis jurnal-jurnal melestarikan adat budaya
sendiri, jurnal-jurnal karya ilmiah pendidikan sesuai kompetensi jurusannya,
dan juga melalui media cetak yang selalu ingin inovatif kreatif pernah sebagai
tim layout media cetak Tabloid Pelopor di Jambi, pengalaman semasa di Jambi
usaha Rental Komputer sampai saat ini dengan hobbynya komputer dengan website
w.w.w Kerincisemurup.com. Pengabdi di desanya sebagai aparatur desa
bersosialisasi dengan masyarakat adalah hal untuk selalu bisa menumbuhkan
kepercayaan diri. Sebagai anggota lsmjamtosh ingin memperjuangkan aspirasi
rakyat dan himbauan untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya bangsa
Kreatifitas inovatif adalah usaha
yang pantang menyerah usaha apa saja yang kita geluti yang penting
halalanthyaiban. Sebagai generasi muda melalui pandangannya generasi muda harus
bisa kreatif inovatif, dan jangan pasif, sehingga keprihatinan terhadap
generasi muda baik remaja usia sekolah yang melihat perkembangan dunia
informasi telekomunikasi terutama internet, karena dia menilai pengaruh
internet terhadap perkembangan anak remaja bisa berpengaruh negatif apabila
mereka tidak bisa memilah memilih mana yang baik untuk mereka, sehingga
himbauan peran orang tua, masyarakat, dan tokoh masyarakat pada lingkunganya
perlu memperhatian generasi muda, sebalik itu peran internet sebagai media
informasi akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan prestasi
belajar kepribadian anak apabila mereka ingin meningkatkan wawasan dan
pengetahuan dengan menggali dan mengorek informasi di Internet. Sehingga
aspek-aspek hidup seperti yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan selalu
menekankan bahwa perlu menjadi pedoman seperti dari segi (1) aspek kognitif
(pengetahuan) harus berkembang dengan wawasan yang luas; (2) aspek afektif
harus selalu bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan akhlak yang terpuji.
(3) aspek psikomotorik harus berkembang dengan kecerdasan dan kebugaran dan
ketrampilan
Juga merupakan suatu keprihatinan
pada korupsi pada level pejabat pemerintah dan dunia pendidikan, bahwa ilmu
yang kita dapatkan di dunia pendidikan akan memberikan pengaruh baik apabila
aplikasi secara fair dan transparan, seperti penjaringan mengikuti tes PNS
kelulusan benar-benar hasil daya pikir orang itu sendiri, Tidak melalui money
politik. Sehingga secara global kita akan melahirkan generasi muda yang
benar-benar terampil dan mempunyai kemampuan di bidangnya, bukan hanya sebagai
ferpormance polesan gaya hidup sembunyi dari kepura-puraan sehingga akan
melahirkan mental masyarakat yang akan korup nepotisme dan kolusi yang tidak
mempunyai tanggung jawab karena mereka beli, sehingga akan berdampak pada
kinerjanya pada suatu instansi kerja yang tidak maksimal. Sehingga hal ini
perlu kita cermati bahwa uang jangan disalahgunakan untuk mencapai tujuan
sehingga hilangnya idealisme, akan bermunculan pragmatisme pada tatanan
masyarakat. (lsm Jamtosch*DDqudrat) - See more at:
http://panoramakerinci.blogspot.co.id/2012/03/tatkala-kerinci-belum-banamo.html#sthash.GJLt0gpE.dpuf
"Melestarikan Adat Lamo Pusako Usang Bangkitkan Batang Terandam"
Ada tradisi Seremonial “Mandi Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup
Seiring balam dengan merbah balam lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2). Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Rajo Simpan Bumi 3 anak :
1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3) Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian” Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4 jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna ( Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah (Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3. Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair, ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah, disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh semurup.
Depati Mudo duo dukung empat anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat Laut.(****).
SERAMBI Fokus
“ Kejujuran kreatifitas inovatif”
Dari sebuah ketenangan bersahaja usaha yang pantang menyerah laki-laki memiliki nama Andodias Rapuan SPdI,Mgk akrab dipanggil ‘dodi’ merupakan alumni STAIN Kerinci domisili di Semurup, pada masa jenjang perkuliahan lelaki yang pada waktu di bangku perkuliahan semasa di jenjang D2 dan S1 melalui jenjang pendidikan pada jurusannya meraih predikat Mahasiswa terbaik dengan yudisium Cum Laude, tidak juga sampai di situ pada organisasi kampus pernah menjadi Ketua Himaprodi (Himpunan Mahasiswa Program Studi ) Jurusan Kependidikan Islam KI, Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus STAIN Kerinci, Wakil ketua Komisi Pemilihan Mahasiswa. Sosok yang bersahaja terpancar dari roman yang ikhlas.
Menurut lelaki yang kesehariannya suka dunia tulis menulis, dengan menulis jurnal-jurnal melestarikan adat budaya sendiri, jurnal-jurnal karya ilmiah pendidikan sesuai kompetensi jurusannya, dan juga melalui media cetak yang selalu ingin inovatif kreatif pernah sebagai tim layout media cetak Tabloid Pelopor di Jambi, pengalaman semasa di Jambi usaha Rental Komputer sampai saat ini dengan hobbynya komputer dengan website w.w.w Kerincisemurup.com. Pengabdi di desanya sebagai aparatur desa bersosialisasi dengan masyarakat adalah hal untuk selalu bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Sebagai anggota lsmjamtosh ingin memperjuangkan aspirasi rakyat dan himbauan untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya bangsa
Kreatifitas inovatif adalah usaha yang pantang menyerah usaha apa saja yang kita geluti yang penting halalanthyaiban. Sebagai generasi muda melalui pandangannya generasi muda harus bisa kreatif inovatif, dan jangan pasif, sehingga keprihatinan terhadap generasi muda baik remaja usia sekolah yang melihat perkembangan dunia informasi telekomunikasi terutama internet, karena dia menilai pengaruh internet terhadap perkembangan anak remaja bisa berpengaruh negatif apabila mereka tidak bisa memilah memilih mana yang baik untuk mereka, sehingga himbauan peran orang tua, masyarakat, dan tokoh masyarakat pada lingkunganya perlu memperhatian generasi muda, sebalik itu peran internet sebagai media informasi akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan prestasi belajar kepribadian anak apabila mereka ingin meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan menggali dan mengorek informasi di Internet. Sehingga aspek-aspek hidup seperti yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan selalu menekankan bahwa perlu menjadi pedoman seperti dari segi (1) aspek kognitif (pengetahuan) harus berkembang dengan wawasan yang luas; (2) aspek afektif harus selalu bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan akhlak yang terpuji. (3) aspek psikomotorik harus berkembang dengan kecerdasan dan kebugaran dan ketrampilan
Juga merupakan suatu keprihatinan pada korupsi pada level pejabat pemerintah dan dunia pendidikan, bahwa ilmu yang kita dapatkan di dunia pendidikan akan memberikan pengaruh baik apabila aplikasi secara fair dan transparan, seperti penjaringan mengikuti tes PNS kelulusan benar-benar hasil daya pikir orang itu sendiri, Tidak melalui money politik. Sehingga secara global kita akan melahirkan generasi muda yang benar-benar terampil dan mempunyai kemampuan di bidangnya, bukan hanya sebagai ferpormance polesan gaya hidup sembunyi dari kepura-puraan sehingga akan melahirkan mental masyarakat yang akan korup nepotisme dan kolusi yang tidak mempunyai tanggung jawab karena mereka beli, sehingga akan berdampak pada kinerjanya pada suatu instansi kerja yang tidak maksimal. Sehingga hal ini perlu kita cermati bahwa uang jangan disalahgunakan untuk mencapai tujuan sehingga hilangnya idealisme, akan bermunculan pragmatisme pada tatanan masyarakat. (lsm Jamtosch*DDqudrat) - See more at: http://panoramakerinci.blogspot.co.id/2012/03/tatkala-kerinci-belum-banamo.html#sthash.GJLt0gpE.dpuf
Ada tradisi Seremonial “Mandi Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup
Seiring balam dengan merbah balam lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2). Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Rajo Simpan Bumi 3 anak :
1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3) Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian” Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4 jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna ( Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah (Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3. Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair, ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah, disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh semurup.
Depati Mudo duo dukung empat anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat Laut.(****).
SERAMBI Fokus
“ Kejujuran kreatifitas inovatif”
Dari sebuah ketenangan bersahaja usaha yang pantang menyerah laki-laki memiliki nama Andodias Rapuan SPdI,Mgk akrab dipanggil ‘dodi’ merupakan alumni STAIN Kerinci domisili di Semurup, pada masa jenjang perkuliahan lelaki yang pada waktu di bangku perkuliahan semasa di jenjang D2 dan S1 melalui jenjang pendidikan pada jurusannya meraih predikat Mahasiswa terbaik dengan yudisium Cum Laude, tidak juga sampai di situ pada organisasi kampus pernah menjadi Ketua Himaprodi (Himpunan Mahasiswa Program Studi ) Jurusan Kependidikan Islam KI, Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus STAIN Kerinci, Wakil ketua Komisi Pemilihan Mahasiswa. Sosok yang bersahaja terpancar dari roman yang ikhlas.
Menurut lelaki yang kesehariannya suka dunia tulis menulis, dengan menulis jurnal-jurnal melestarikan adat budaya sendiri, jurnal-jurnal karya ilmiah pendidikan sesuai kompetensi jurusannya, dan juga melalui media cetak yang selalu ingin inovatif kreatif pernah sebagai tim layout media cetak Tabloid Pelopor di Jambi, pengalaman semasa di Jambi usaha Rental Komputer sampai saat ini dengan hobbynya komputer dengan website w.w.w Kerincisemurup.com. Pengabdi di desanya sebagai aparatur desa bersosialisasi dengan masyarakat adalah hal untuk selalu bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Sebagai anggota lsmjamtosh ingin memperjuangkan aspirasi rakyat dan himbauan untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya bangsa
Kreatifitas inovatif adalah usaha yang pantang menyerah usaha apa saja yang kita geluti yang penting halalanthyaiban. Sebagai generasi muda melalui pandangannya generasi muda harus bisa kreatif inovatif, dan jangan pasif, sehingga keprihatinan terhadap generasi muda baik remaja usia sekolah yang melihat perkembangan dunia informasi telekomunikasi terutama internet, karena dia menilai pengaruh internet terhadap perkembangan anak remaja bisa berpengaruh negatif apabila mereka tidak bisa memilah memilih mana yang baik untuk mereka, sehingga himbauan peran orang tua, masyarakat, dan tokoh masyarakat pada lingkunganya perlu memperhatian generasi muda, sebalik itu peran internet sebagai media informasi akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan prestasi belajar kepribadian anak apabila mereka ingin meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan menggali dan mengorek informasi di Internet. Sehingga aspek-aspek hidup seperti yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan selalu menekankan bahwa perlu menjadi pedoman seperti dari segi (1) aspek kognitif (pengetahuan) harus berkembang dengan wawasan yang luas; (2) aspek afektif harus selalu bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan akhlak yang terpuji. (3) aspek psikomotorik harus berkembang dengan kecerdasan dan kebugaran dan ketrampilan
Juga merupakan suatu keprihatinan pada korupsi pada level pejabat pemerintah dan dunia pendidikan, bahwa ilmu yang kita dapatkan di dunia pendidikan akan memberikan pengaruh baik apabila aplikasi secara fair dan transparan, seperti penjaringan mengikuti tes PNS kelulusan benar-benar hasil daya pikir orang itu sendiri, Tidak melalui money politik. Sehingga secara global kita akan melahirkan generasi muda yang benar-benar terampil dan mempunyai kemampuan di bidangnya, bukan hanya sebagai ferpormance polesan gaya hidup sembunyi dari kepura-puraan sehingga akan melahirkan mental masyarakat yang akan korup nepotisme dan kolusi yang tidak mempunyai tanggung jawab karena mereka beli, sehingga akan berdampak pada kinerjanya pada suatu instansi kerja yang tidak maksimal. Sehingga hal ini perlu kita cermati bahwa uang jangan disalahgunakan untuk mencapai tujuan sehingga hilangnya idealisme, akan bermunculan pragmatisme pada tatanan masyarakat. (lsm Jamtosch*DDqudrat) - See more at: http://panoramakerinci.blogspot.co.id/2012/03/tatkala-kerinci-belum-banamo.html#sthash.GJLt0gpE.dpuf
"Melestarikan Adat Lamo Pusako Usang Bangkitkan Batang Terandam"
Ada tradisi Seremonial “Mandi Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup
Seiring balam dengan merbah balam lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2). Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Rajo Simpan Bumi 3 anak :
1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3) Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian” Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4 jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna ( Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah (Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3. Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair, ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah, disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh semurup.
Depati Mudo duo dukung empat anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat Laut.(****).
SERAMBI Fokus
“ Kejujuran kreatifitas inovatif”
Dari sebuah ketenangan bersahaja usaha yang pantang menyerah laki-laki memiliki nama Andodias Rapuan SPdI,Mgk akrab dipanggil ‘dodi’ merupakan alumni STAIN Kerinci domisili di Semurup, pada masa jenjang perkuliahan lelaki yang pada waktu di bangku perkuliahan semasa di jenjang D2 dan S1 melalui jenjang pendidikan pada jurusannya meraih predikat Mahasiswa terbaik dengan yudisium Cum Laude, tidak juga sampai di situ pada organisasi kampus pernah menjadi Ketua Himaprodi (Himpunan Mahasiswa Program Studi ) Jurusan Kependidikan Islam KI, Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus STAIN Kerinci, Wakil ketua Komisi Pemilihan Mahasiswa. Sosok yang bersahaja terpancar dari roman yang ikhlas.
Menurut lelaki yang kesehariannya suka dunia tulis menulis, dengan menulis jurnal-jurnal melestarikan adat budaya sendiri, jurnal-jurnal karya ilmiah pendidikan sesuai kompetensi jurusannya, dan juga melalui media cetak yang selalu ingin inovatif kreatif pernah sebagai tim layout media cetak Tabloid Pelopor di Jambi, pengalaman semasa di Jambi usaha Rental Komputer sampai saat ini dengan hobbynya komputer dengan website w.w.w Kerincisemurup.com. Pengabdi di desanya sebagai aparatur desa bersosialisasi dengan masyarakat adalah hal untuk selalu bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Sebagai anggota lsmjamtosh ingin memperjuangkan aspirasi rakyat dan himbauan untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya bangsa
Kreatifitas inovatif adalah usaha yang pantang menyerah usaha apa saja yang kita geluti yang penting halalanthyaiban. Sebagai generasi muda melalui pandangannya generasi muda harus bisa kreatif inovatif, dan jangan pasif, sehingga keprihatinan terhadap generasi muda baik remaja usia sekolah yang melihat perkembangan dunia informasi telekomunikasi terutama internet, karena dia menilai pengaruh internet terhadap perkembangan anak remaja bisa berpengaruh negatif apabila mereka tidak bisa memilah memilih mana yang baik untuk mereka, sehingga himbauan peran orang tua, masyarakat, dan tokoh masyarakat pada lingkunganya perlu memperhatian generasi muda, sebalik itu peran internet sebagai media informasi akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan prestasi belajar kepribadian anak apabila mereka ingin meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan menggali dan mengorek informasi di Internet. Sehingga aspek-aspek hidup seperti yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan selalu menekankan bahwa perlu menjadi pedoman seperti dari segi (1) aspek kognitif (pengetahuan) harus berkembang dengan wawasan yang luas; (2) aspek afektif harus selalu bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan akhlak yang terpuji. (3) aspek psikomotorik harus berkembang dengan kecerdasan dan kebugaran dan ketrampilan
Juga merupakan suatu keprihatinan pada korupsi pada level pejabat pemerintah dan dunia pendidikan, bahwa ilmu yang kita dapatkan di dunia pendidikan akan memberikan pengaruh baik apabila aplikasi secara fair dan transparan, seperti penjaringan mengikuti tes PNS kelulusan benar-benar hasil daya pikir orang itu sendiri, Tidak melalui money politik. Sehingga secara global kita akan melahirkan generasi muda yang benar-benar terampil dan mempunyai kemampuan di bidangnya, bukan hanya sebagai ferpormance polesan gaya hidup sembunyi dari kepura-puraan sehingga akan melahirkan mental masyarakat yang akan korup nepotisme dan kolusi yang tidak mempunyai tanggung jawab karena mereka beli, sehingga akan berdampak pada kinerjanya pada suatu instansi kerja yang tidak maksimal. Sehingga hal ini perlu kita cermati bahwa uang jangan disalahgunakan untuk mencapai tujuan sehingga hilangnya idealisme, akan bermunculan pragmatisme pada tatanan masyarakat. (lsm Jamtosch*DDqudrat) - See more at: http://panoramakerinci.blogspot.co.id/2012/03/tatkala-kerinci-belum-banamo.html#sthash.GJLt0gpE.dpuf
Ada tradisi Seremonial “Mandi Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup
Seiring balam dengan merbah balam lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2). Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Rajo Simpan Bumi 3 anak :
1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3) Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian” Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4 jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna ( Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah (Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3. Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair, ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah, disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh semurup.
Depati Mudo duo dukung empat anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat Laut.(****).
SERAMBI Fokus
“ Kejujuran kreatifitas inovatif”
Dari sebuah ketenangan bersahaja usaha yang pantang menyerah laki-laki memiliki nama Andodias Rapuan SPdI,Mgk akrab dipanggil ‘dodi’ merupakan alumni STAIN Kerinci domisili di Semurup, pada masa jenjang perkuliahan lelaki yang pada waktu di bangku perkuliahan semasa di jenjang D2 dan S1 melalui jenjang pendidikan pada jurusannya meraih predikat Mahasiswa terbaik dengan yudisium Cum Laude, tidak juga sampai di situ pada organisasi kampus pernah menjadi Ketua Himaprodi (Himpunan Mahasiswa Program Studi ) Jurusan Kependidikan Islam KI, Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus STAIN Kerinci, Wakil ketua Komisi Pemilihan Mahasiswa. Sosok yang bersahaja terpancar dari roman yang ikhlas.
Menurut lelaki yang kesehariannya suka dunia tulis menulis, dengan menulis jurnal-jurnal melestarikan adat budaya sendiri, jurnal-jurnal karya ilmiah pendidikan sesuai kompetensi jurusannya, dan juga melalui media cetak yang selalu ingin inovatif kreatif pernah sebagai tim layout media cetak Tabloid Pelopor di Jambi, pengalaman semasa di Jambi usaha Rental Komputer sampai saat ini dengan hobbynya komputer dengan website w.w.w Kerincisemurup.com. Pengabdi di desanya sebagai aparatur desa bersosialisasi dengan masyarakat adalah hal untuk selalu bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Sebagai anggota lsmjamtosh ingin memperjuangkan aspirasi rakyat dan himbauan untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya bangsa
Kreatifitas inovatif adalah usaha yang pantang menyerah usaha apa saja yang kita geluti yang penting halalanthyaiban. Sebagai generasi muda melalui pandangannya generasi muda harus bisa kreatif inovatif, dan jangan pasif, sehingga keprihatinan terhadap generasi muda baik remaja usia sekolah yang melihat perkembangan dunia informasi telekomunikasi terutama internet, karena dia menilai pengaruh internet terhadap perkembangan anak remaja bisa berpengaruh negatif apabila mereka tidak bisa memilah memilih mana yang baik untuk mereka, sehingga himbauan peran orang tua, masyarakat, dan tokoh masyarakat pada lingkunganya perlu memperhatian generasi muda, sebalik itu peran internet sebagai media informasi akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan prestasi belajar kepribadian anak apabila mereka ingin meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan menggali dan mengorek informasi di Internet. Sehingga aspek-aspek hidup seperti yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan selalu menekankan bahwa perlu menjadi pedoman seperti dari segi (1) aspek kognitif (pengetahuan) harus berkembang dengan wawasan yang luas; (2) aspek afektif harus selalu bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan akhlak yang terpuji. (3) aspek psikomotorik harus berkembang dengan kecerdasan dan kebugaran dan ketrampilan
Juga merupakan suatu keprihatinan pada korupsi pada level pejabat pemerintah dan dunia pendidikan, bahwa ilmu yang kita dapatkan di dunia pendidikan akan memberikan pengaruh baik apabila aplikasi secara fair dan transparan, seperti penjaringan mengikuti tes PNS kelulusan benar-benar hasil daya pikir orang itu sendiri, Tidak melalui money politik. Sehingga secara global kita akan melahirkan generasi muda yang benar-benar terampil dan mempunyai kemampuan di bidangnya, bukan hanya sebagai ferpormance polesan gaya hidup sembunyi dari kepura-puraan sehingga akan melahirkan mental masyarakat yang akan korup nepotisme dan kolusi yang tidak mempunyai tanggung jawab karena mereka beli, sehingga akan berdampak pada kinerjanya pada suatu instansi kerja yang tidak maksimal. Sehingga hal ini perlu kita cermati bahwa uang jangan disalahgunakan untuk mencapai tujuan sehingga hilangnya idealisme, akan bermunculan pragmatisme pada tatanan masyarakat. (lsm Jamtosch*DDqudrat) - See more at: http://panoramakerinci.blogspot.co.id/2012/03/tatkala-kerinci-belum-banamo.html#sthash.GJLt0gpE.dpuf
1 komentar:
MANTAP UNTUK KITA PELAJARA SUPAYA TAU
Posting Komentar