Kamis, 10 Maret 2016

SEJARAH KOTO PAYUNG SEMURUP TINGGI

SILSILAH KOTO PAYUNG SEMURUP TINGGI BERASAL DARI KETURUNAN SULTAN SARI PADI JAMBI

Dari Jambi Tersebutlah Tiga Orang Putri Keturunan Sultan Sari Padi Yang Juga Merupakan Anak Dari Sultan Maharaja Dirajo Pagaruyung
ketiga putri tersebut adalah:
1.panduko indo   di tanjung raden jambi
2.panduko saro di alam kerinci
3.panduko kato di muaro masumai bangko
 Panduko saro menikah dengan  sultan berahin dari pagaruyung mengadokan anak  yang bernama yo cayo atau rajo cayo,kedatangan ke alam kerinci melalui gunung mandi urai, bukit melegan,terus ulu tabir,menepat gunung bujang terus muara maninjau laut, panduko saro mengembang kan payung nan sekaki, maka bergelarlah koto payung semurup tinggi. terus menanam limau purut di pusat negeri bergelar lah pula rantau limau purut, ayi beransur surut dan tampak lah sungai muhut,dari kata surut dan muhut menjadi kata sumuhut lama kelamaan menjadi semurup.
A. rajo cayo menikah dengan  puyung datu mengadakan anak 4 orang yaitu  :
1.nenek besi  bergelar depati simpan bumi tuo
2.nenek baik  bergelar depati   kepalo sembah
3.nenek suri alam bergelar  depati panggar bumi
4.nenek ajo badiri  singado dibalang
 B.Kemudian puyung datu meninggal dunia,rajo cayo menikah lagi dengan biyong datu dan mengadokan anak 3 orang   yaitu:
1.malang batuah mangkurajo tuo  di ds gedang
2.salih manjuto (istri kedua dari syeikh mangkudo sati)
3.puti kecik seteru mato
A.1 nenek besi menikah dengan pangeran temenggung(anak rajo jambi Palembang)
Mengdokan anak 4 orang yaitu:
1.       .depati simpan negeri  menikah dengan depati hiang hilang dilaman  dari               keturunan nenek indarjati hiang ,menurunkan  1 orang anak yaitu ijung jayo kerti di koto baru
2.       .depati kunci negeri atau rigindo putih tuo menurunkan ijung putih,ijung panjang,dan mangku melano tuo muaro semerah
3.      .melano gedang di ds kecil
4.      .ijung simpan depati di ds balai,ds kecil
  A.2 nenek  baik mengadokan 2 orang anak yaitu  
1.      Ijung mangku depati  di ds balai
2.      Depati intan kemalo sari di siulak mukai
A.3nenek suri alam mengadokan anak 3 orang yaitu
1.      Sutan depati rajo di ds balai
2.      Saleh dukun pandai lam pandai tawa di ds balai
3.      Ijung tuo di koto mudik
A.4 ajo badiri singado dibalang mengdokan tigo orang anak yaitu
1.      .ajo penatih atau nek pelatih di koto cayo
2.      Ajo masiah atau nek ilang kelaut mengadokan anak 4 orang yaitu                                   
 a.ninek ngkasah(depati sigumi tuo)      di koto diair
b.ninek muncak (depati sigumi rajo)       di koto dua lama
c.ninek sibna   (depati  cayo mangkuto)
d.ninek rajo simpan bumi
3.ajo tingkih dengan 7 keturunan:
a.sigumi putih tuo
b.sigumi putih tanah jambi
c.sigumi kodrat
d.sigumi putih tiang setio
e.sigumi putih tanah napuro
f.sigumi putih tanah mendapo
                  g.sigumi putih merajo bensu

"Melestarikan Adat Lamo Pusako Usang Bangkitkan Batang Terandam"

Ada tradisi Seremonial “Mandi Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup


Seiring balam dengan merbah balam lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2). Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Rajo Simpan Bumi 3 anak :

1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3) Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian” Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4 jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna ( Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah (Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3. Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair, ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah, disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh semurup.
Depati Mudo duo dukung empat anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat Laut.(****).

SERAMBI Fokus
“ Kejujuran kreatifitas inovatif”
Dari sebuah ketenangan bersahaja usaha yang pantang menyerah laki-laki memiliki nama Andodias Rapuan SPdI,Mgk akrab dipanggil ‘dodi’ merupakan alumni STAIN Kerinci domisili di Semurup, pada masa jenjang perkuliahan lelaki yang pada waktu di bangku perkuliahan semasa di jenjang D2 dan S1 melalui jenjang pendidikan pada jurusannya meraih predikat Mahasiswa terbaik dengan yudisium Cum Laude, tidak juga sampai di situ pada organisasi kampus pernah menjadi Ketua Himaprodi (Himpunan Mahasiswa Program Studi ) Jurusan Kependidikan Islam KI, Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus STAIN Kerinci, Wakil ketua Komisi Pemilihan Mahasiswa. Sosok yang bersahaja terpancar dari roman yang ikhlas.
Menurut lelaki yang kesehariannya suka dunia tulis menulis, dengan menulis jurnal-jurnal melestarikan adat budaya sendiri, jurnal-jurnal karya ilmiah pendidikan sesuai kompetensi jurusannya, dan juga melalui media cetak yang selalu ingin inovatif kreatif pernah sebagai tim layout media cetak Tabloid Pelopor di Jambi, pengalaman semasa di Jambi usaha Rental Komputer sampai saat ini dengan hobbynya komputer dengan website w.w.w Kerincisemurup.com. Pengabdi di desanya sebagai aparatur desa bersosialisasi dengan masyarakat adalah hal untuk selalu bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Sebagai anggota lsmjamtosh ingin memperjuangkan aspirasi rakyat dan himbauan untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya bangsa
Kreatifitas inovatif adalah usaha yang pantang menyerah usaha apa saja yang kita geluti yang penting halalanthyaiban. Sebagai generasi muda melalui pandangannya generasi muda harus bisa kreatif inovatif, dan jangan pasif, sehingga keprihatinan terhadap generasi muda baik remaja usia sekolah yang melihat perkembangan dunia informasi telekomunikasi terutama internet, karena dia menilai pengaruh internet terhadap perkembangan anak remaja bisa berpengaruh negatif apabila mereka tidak bisa memilah memilih mana yang baik untuk mereka, sehingga himbauan peran orang tua, masyarakat, dan tokoh masyarakat pada lingkunganya perlu memperhatian generasi muda, sebalik itu peran internet sebagai media informasi akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan prestasi belajar kepribadian anak apabila mereka ingin meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan menggali dan mengorek informasi di Internet. Sehingga aspek-aspek hidup seperti yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan selalu menekankan bahwa perlu menjadi pedoman seperti dari segi (1) aspek kognitif (pengetahuan) harus berkembang dengan wawasan yang luas; (2) aspek afektif harus selalu bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan akhlak yang terpuji. (3) aspek psikomotorik harus berkembang dengan kecerdasan dan kebugaran dan ketrampilan
Juga merupakan suatu keprihatinan pada korupsi pada level pejabat pemerintah dan dunia pendidikan, bahwa ilmu yang kita dapatkan di dunia pendidikan akan memberikan pengaruh baik apabila aplikasi secara fair dan transparan, seperti penjaringan mengikuti tes PNS kelulusan benar-benar hasil daya pikir orang itu sendiri, Tidak melalui money politik. Sehingga secara global kita akan melahirkan generasi muda yang benar-benar terampil dan mempunyai kemampuan di bidangnya, bukan hanya sebagai ferpormance polesan gaya hidup sembunyi dari kepura-puraan sehingga akan melahirkan mental masyarakat yang akan korup nepotisme dan kolusi yang tidak mempunyai tanggung jawab karena mereka beli, sehingga akan berdampak pada kinerjanya pada suatu instansi kerja yang tidak maksimal. Sehingga hal ini perlu kita cermati bahwa uang jangan disalahgunakan untuk mencapai tujuan sehingga hilangnya idealisme, akan bermunculan pragmatisme pada tatanan masyarakat. (lsm Jamtosch*DDqudrat) - See more at: http://panoramakerinci.blogspot.co.id/2012/03/tatkala-kerinci-belum-banamo.html#sthash.GJLt0gpE.dpuf

"Melestarikan Adat Lamo Pusako Usang Bangkitkan Batang Terandam"

Ada tradisi Seremonial “Mandi Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup


Seiring balam dengan merbah balam lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2). Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Rajo Simpan Bumi 3 anak :

1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3) Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian” Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4 jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna ( Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah (Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3. Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair, ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah, disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh semurup.
Depati Mudo duo dukung empat anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat Laut.(****).

SERAMBI Fokus
“ Kejujuran kreatifitas inovatif”
Dari sebuah ketenangan bersahaja usaha yang pantang menyerah laki-laki memiliki nama Andodias Rapuan SPdI,Mgk akrab dipanggil ‘dodi’ merupakan alumni STAIN Kerinci domisili di Semurup, pada masa jenjang perkuliahan lelaki yang pada waktu di bangku perkuliahan semasa di jenjang D2 dan S1 melalui jenjang pendidikan pada jurusannya meraih predikat Mahasiswa terbaik dengan yudisium Cum Laude, tidak juga sampai di situ pada organisasi kampus pernah menjadi Ketua Himaprodi (Himpunan Mahasiswa Program Studi ) Jurusan Kependidikan Islam KI, Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus STAIN Kerinci, Wakil ketua Komisi Pemilihan Mahasiswa. Sosok yang bersahaja terpancar dari roman yang ikhlas.
Menurut lelaki yang kesehariannya suka dunia tulis menulis, dengan menulis jurnal-jurnal melestarikan adat budaya sendiri, jurnal-jurnal karya ilmiah pendidikan sesuai kompetensi jurusannya, dan juga melalui media cetak yang selalu ingin inovatif kreatif pernah sebagai tim layout media cetak Tabloid Pelopor di Jambi, pengalaman semasa di Jambi usaha Rental Komputer sampai saat ini dengan hobbynya komputer dengan website w.w.w Kerincisemurup.com. Pengabdi di desanya sebagai aparatur desa bersosialisasi dengan masyarakat adalah hal untuk selalu bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Sebagai anggota lsmjamtosh ingin memperjuangkan aspirasi rakyat dan himbauan untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya bangsa
Kreatifitas inovatif adalah usaha yang pantang menyerah usaha apa saja yang kita geluti yang penting halalanthyaiban. Sebagai generasi muda melalui pandangannya generasi muda harus bisa kreatif inovatif, dan jangan pasif, sehingga keprihatinan terhadap generasi muda baik remaja usia sekolah yang melihat perkembangan dunia informasi telekomunikasi terutama internet, karena dia menilai pengaruh internet terhadap perkembangan anak remaja bisa berpengaruh negatif apabila mereka tidak bisa memilah memilih mana yang baik untuk mereka, sehingga himbauan peran orang tua, masyarakat, dan tokoh masyarakat pada lingkunganya perlu memperhatian generasi muda, sebalik itu peran internet sebagai media informasi akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan prestasi belajar kepribadian anak apabila mereka ingin meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan menggali dan mengorek informasi di Internet. Sehingga aspek-aspek hidup seperti yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan selalu menekankan bahwa perlu menjadi pedoman seperti dari segi (1) aspek kognitif (pengetahuan) harus berkembang dengan wawasan yang luas; (2) aspek afektif harus selalu bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan akhlak yang terpuji. (3) aspek psikomotorik harus berkembang dengan kecerdasan dan kebugaran dan ketrampilan
Juga merupakan suatu keprihatinan pada korupsi pada level pejabat pemerintah dan dunia pendidikan, bahwa ilmu yang kita dapatkan di dunia pendidikan akan memberikan pengaruh baik apabila aplikasi secara fair dan transparan, seperti penjaringan mengikuti tes PNS kelulusan benar-benar hasil daya pikir orang itu sendiri, Tidak melalui money politik. Sehingga secara global kita akan melahirkan generasi muda yang benar-benar terampil dan mempunyai kemampuan di bidangnya, bukan hanya sebagai ferpormance polesan gaya hidup sembunyi dari kepura-puraan sehingga akan melahirkan mental masyarakat yang akan korup nepotisme dan kolusi yang tidak mempunyai tanggung jawab karena mereka beli, sehingga akan berdampak pada kinerjanya pada suatu instansi kerja yang tidak maksimal. Sehingga hal ini perlu kita cermati bahwa uang jangan disalahgunakan untuk mencapai tujuan sehingga hilangnya idealisme, akan bermunculan pragmatisme pada tatanan masyarakat. (lsm Jamtosch*DDqudrat) - See more at: http://panoramakerinci.blogspot.co.id/2012/03/tatkala-kerinci-belum-banamo.html#sthash.GJLt0gpE.dpuf
"Melestarikan Adat Lamo Pusako Usang Bangkitkan Batang Terandam"

Ada tradisi Seremonial “Mandi Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup


Seiring balam dengan merbah balam lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2). Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Rajo Simpan Bumi 3 anak :

1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3) Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian” Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4 jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna ( Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah (Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3. Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair, ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah, disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh semurup.
Depati Mudo duo dukung empat anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat Laut.(****).

SERAMBI Fokus
“ Kejujuran kreatifitas inovatif”
Dari sebuah ketenangan bersahaja usaha yang pantang menyerah laki-laki memiliki nama Andodias Rapuan SPdI,Mgk akrab dipanggil ‘dodi’ merupakan alumni STAIN Kerinci domisili di Semurup, pada masa jenjang perkuliahan lelaki yang pada waktu di bangku perkuliahan semasa di jenjang D2 dan S1 melalui jenjang pendidikan pada jurusannya meraih predikat Mahasiswa terbaik dengan yudisium Cum Laude, tidak juga sampai di situ pada organisasi kampus pernah menjadi Ketua Himaprodi (Himpunan Mahasiswa Program Studi ) Jurusan Kependidikan Islam KI, Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus STAIN Kerinci, Wakil ketua Komisi Pemilihan Mahasiswa. Sosok yang bersahaja terpancar dari roman yang ikhlas.
Menurut lelaki yang kesehariannya suka dunia tulis menulis, dengan menulis jurnal-jurnal melestarikan adat budaya sendiri, jurnal-jurnal karya ilmiah pendidikan sesuai kompetensi jurusannya, dan juga melalui media cetak yang selalu ingin inovatif kreatif pernah sebagai tim layout media cetak Tabloid Pelopor di Jambi, pengalaman semasa di Jambi usaha Rental Komputer sampai saat ini dengan hobbynya komputer dengan website w.w.w Kerincisemurup.com. Pengabdi di desanya sebagai aparatur desa bersosialisasi dengan masyarakat adalah hal untuk selalu bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Sebagai anggota lsmjamtosh ingin memperjuangkan aspirasi rakyat dan himbauan untuk selalu menjaga dan melestarikan adat budaya bangsa
Kreatifitas inovatif adalah usaha yang pantang menyerah usaha apa saja yang kita geluti yang penting halalanthyaiban. Sebagai generasi muda melalui pandangannya generasi muda harus bisa kreatif inovatif, dan jangan pasif, sehingga keprihatinan terhadap generasi muda baik remaja usia sekolah yang melihat perkembangan dunia informasi telekomunikasi terutama internet, karena dia menilai pengaruh internet terhadap perkembangan anak remaja bisa berpengaruh negatif apabila mereka tidak bisa memilah memilih mana yang baik untuk mereka, sehingga himbauan peran orang tua, masyarakat, dan tokoh masyarakat pada lingkunganya perlu memperhatian generasi muda, sebalik itu peran internet sebagai media informasi akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan prestasi belajar kepribadian anak apabila mereka ingin meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan menggali dan mengorek informasi di Internet. Sehingga aspek-aspek hidup seperti yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan selalu menekankan bahwa perlu menjadi pedoman seperti dari segi (1) aspek kognitif (pengetahuan) harus berkembang dengan wawasan yang luas; (2) aspek afektif harus selalu bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan akhlak yang terpuji. (3) aspek psikomotorik harus berkembang dengan kecerdasan dan kebugaran dan ketrampilan
Juga merupakan suatu keprihatinan pada korupsi pada level pejabat pemerintah dan dunia pendidikan, bahwa ilmu yang kita dapatkan di dunia pendidikan akan memberikan pengaruh baik apabila aplikasi secara fair dan transparan, seperti penjaringan mengikuti tes PNS kelulusan benar-benar hasil daya pikir orang itu sendiri, Tidak melalui money politik. Sehingga secara global kita akan melahirkan generasi muda yang benar-benar terampil dan mempunyai kemampuan di bidangnya, bukan hanya sebagai ferpormance polesan gaya hidup sembunyi dari kepura-puraan sehingga akan melahirkan mental masyarakat yang akan korup nepotisme dan kolusi yang tidak mempunyai tanggung jawab karena mereka beli, sehingga akan berdampak pada kinerjanya pada suatu instansi kerja yang tidak maksimal. Sehingga hal ini perlu kita cermati bahwa uang jangan disalahgunakan untuk mencapai tujuan sehingga hilangnya idealisme, akan bermunculan pragmatisme pada tatanan masyarakat. (lsm Jamtosch*DDqudrat) - See more at: http://panoramakerinci.blogspot.co.id/2012/03/tatkala-kerinci-belum-banamo.html#sthash.GJLt0gpE.dpuf

Tidak ada komentar: